KELAS 6 SDIT LUQMAN AL HAKIM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL SECARA TERPISAH

Setelah Ujian Sima’ah atau ujian hafalan Al-Qur’an, siswa kelas 6 SDIT Luqman Al Hakim melanjutkan Ujian Nasional. Ujian  Nasional yang berlangsung selama 3 hari tersebut mengujikan beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Yang menarik dari ujian ini adalah sistem pelaksanaannya yang terpisah antara putra dan putri. Ust. Basith, selaku kepala sekolah mengatakan “Sekolah kami adalah sekolah yang berbasis pondok pesantren. Nilai-nilai agama sangat kental di lingkungan sekolah kami. Sehingga dalam pelaksanaan kegiataan belajar-mengajar, poros utamanya adalah nilai luhur agama. Seperti yang kita ketahui, kelas 6 saat ini tengah memasuki fase remaja. Oleh karenanya, kami mempersiapkan pondasi akhlak anak-anak dalam bergaul. Salah satunya adalah dipisahnya antara murid putra dan putri dalam pembelajaran. Termasuk Ujian Nasional, maka kami teguh memegang nilai luhur agama untuk memberikan contoh kepada murid-murid kami”, paparnya.

Selain itu, beliau turut menambahkan bahwa proses pembelajaran secara terpisah sudah dilakukan sejak anak didik berada di kelas 4. selain itu, sekkolah SDIT Luqman AL Hakim juga mengikutsertakan Anak Berkebutuhan Khusus pada Ujian Nasional kali ini, SDIT Luqman Al Hakim yang merupakan sekolah inklusi yang mengikutsertakan peserta ujian Anak Berkebutuhan khusus. Selama pelaksaan ujian, ananda akan didampingi satu guru untuk membantu mengarahkan ananda dalam mengikuti ujian”, terangnya.

Ujian Nasional kali ini diikuti sebanyak 26 siswa yang terbagi menjadi 2 ruang. Adapun pengawas yang mengawasi ujian didatangkan dari sekolah lainnya. Ujian Nasional yang dimulai dari hari Senin mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian disusul dengan mata pelajaran matematika di hari Selasa. Pada hari Rabu, para siswa kelas 6 menghadapi matapelajaran IPA.(hai)

Semangat para siswa dalam mengikuti ujian

Suasana ruang ujian putri

Proses pembacaan tatatertib Ujian Nasional

 

Berita Terbaru