Pertama Balikpapan, Peresmian Digital Library System, Bookless Paperless Go green School

Menyongsong generasi gemilang yang ramah digital merupakan spirithijrah pendidikan integral luqman Al hakim yang dicanangkan di awal tahun 1439 H. Lembaga pendidikan yang bernaung dibawah Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan ini, memilih digital sebagai sarana yang akan memperkuat dan mempermudah dalam berhijrah.

Momentum hijrah dengan cita-cita  melahirkan generasi muda,  cerdas spiritual, kuat aqidah,dan cakap digital, menjadi poin penting diera saat ini. “ anak-anak kita boleh saja canggih dalam berteknologi, mahir menggunakan gadget, tapi harus kuat aqidahnya. Teknologi tidak bisa dielakkan, mari kita gunakan untuk mempermudah kita untuk melahirkan generasi yang tangguh ” ungkap Ust. Zainuddin Musaddad, Ketua Yayasan Pesantren Hidayatullah dalam acara Yaumul Arabiyah dan Peresmian Digital Library Pendidikan Integral Luqman Alhakim Balikpapan.

Digital Library Pendidikan Integral luqman Al Hakim Balikpapan,diresmikan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017, oleh Bapak Purnomo, M.Sos., Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan. Beliau berpesan dengan momentum sumpah pemuda, digital library bisa menjadi pembangkit semangat generasi untuk gemar membaca, belajar, dan menuntut ilmu jauh lebih mudah.

Kehadiran perpusatakaan digital yang koleksi bukunya mencapaitiga ratus ribu  buku sangat membantu anak didik dalam proses belajar. Ditambah lagi kecanggihan teknologi yang ada didalam program ini, sangat memudahkan untuk mengaksesnya. Dengan beberapa langkah semua orang sudah bisa mengakses buku-buku berkualitas, kapan dan dimana saja dan tidak membutuhkan data internet. Cukup memiliki handphone (HP) atau tablet android.

Cara mengoperasikannya begitu gampang, hidupkan HP, kemudian download aplikasi bookless (elfan) di playstore, setelah terpasang aplikasi sambungkan wifielfan bookless library. Langkah berikutnya dengan masuk ke aplikasi elfan bookless, otomatis akan menampilkan layar camera, lalau scan barcode yang telah tersemat pada buku-buku yang ada di rak benner perpustakaan.

“ Perpustakaan digital library ini adalah teknologi yang dihadirkan untuk mempermudah belajarpara murid guna menjawab tantang 21st century untuk menjadi generasi yang melek literasi.Mereka juga akan berhijrah, yang dulunya memakai kertas,  kini berubah menjadi masyarakat yang dalam belajarnya tidak menggunakan kertas, paperless society. Semoga kehadiran digital library ini memberikan berkah ilmu untuk kita semua, amiin” Tutur, Muzakkir Usman, M.Ed., Direktur Pendidikan Integral Luqman Al Hakim Balikpapan.

 

Berita Terbaru