SDIT LUQMAN AL HAKIM FIELDTRIP KE LAMARU SAMPAI PERTAMINA

Pekan lalu, SDIT Luqman Al Hakim mengadakan fieldtrip ke Lamaru dan PT. Pertamina Mor VI. Dengan mengambil tema Sumber Daya Alam dan Lingkungan, perjalanan terasa sangat menyenangkan karena mengambil lokasi yang sangat tepat.

Fieldtrip ke LAMARU

Pertama adalah kelas 5, fieldtrip ke Lamaru. Kelas 5 Hamzah yang ditemani oleh Ust. Andi Syamsul Alam dan Kelas 5 Ruqayah ditemani oleh Ustadzah Inayah melakukan aktifitas sesuai dengan rencana pembelajaran. “Tujuan dari perjalanan ini adalah untuk mengamati secara langsung perbedaan struktur, tekstur dan lainnya dengan mengambil objek air, batu dan tanah”, ungkap Ustadzah Vionella, guru pengampu Mapel Sains

“Setiap siswa diminta untuk mengambil sampel air, batu dan tanah dengan tiga titik yang berbeda. Titik-titik tersebut yaitu rawa, muara dan laut. setelah mengambil sampel tersebut, mereka diminta mengidentifikasi sendiri perbedaan dari ketiga sampel tersebut. Setelah itu, para siswa mendengarkan penjelasan mengapa dan bagaimana ternyadinya perbedaan pada sampel yang diambil”, jelasnya.

Foto bersama siswa Boys

 

Salah satu siswa mengumpulkan sampel air, batu tanah

Para siswa sedang mengumpulkan sampel

Para Siswa sedang Istirahat

Fieldtrip ke PERTAMINA

Fieldtrip kedua adalah kelas 4. Wali Kelas 4 Zaid Ustadz Hafidz dan wali kelas 4 Ummu ‘Aiman Ustadzah Laila turut membersamai kegiatan tersebut. “ini adalah pengalaman yang menyenangkan. Kami dijemput dengan bis Pertamina. Kemudian langsung diajak ke Sumur Mathilda, sumur minyak pertama di Balikpapan. Kemudian kami mendengarkan penjelasan dari guide pertamina mulai dari proses pencarian titik minyak, pengeboran sampai pengolahan minyak. Tidak hanya itu, kami kemudian berkunjung ke Rumah Panggung Cagar Budaya. Disana kami dijelaskan tentang kilas sejarah sampai kemajuan Kota Balikpapan yang bergelar dengan julukan kota Minyak ini”, ungkap Ust. Hafidz.

Kunjungan kali ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh siswa. Ananda Zahro, kelas 4 Ummu ‘Aiman memberikan hadiah kepada Bapak Kemal, Divisi Communication and Relationship Kantor Besar PT. Pertamina RU V.  (hai)

Para Siswa dengan seksama mendengarkan penjelasan tentang proses pencarian sampai pengolahan minyak

Foto bersama di depan sumur Mathilda

Pemberian kenang-kenangan kepada pihak Pertamina

Berita Terbaru