Simaah SDIT Luqman Al Hakim Dibanjiri Tangis Bahagia

Sabtu, (6/5) SDIT Luqman Al Hakim Balikpapan menyelenggarakan Ujian Sima’ah (Uji Hafalan Al Qur’an). Bertempat di Aula Pertemuan, panggung di desain sedemikian rupa sehingga terlihat sangat rapi dan indah. Acarapun berjalan dengan penuh khidmad.

Ananda Rafli, mengkiti ujian simaah dengan baik

Adalah Ust. Abu Hurri Al Qosimi yang didatangkan langsung dari Klaten, Solo Jawa Tengah untuk menjadi penguji pada ujian sima’ah kelas 6 Kali ini. Bersama Ust. Abu Ahmad, Imam Besar Masjid Hidayatullah Karang Bugis turut membersamai beliau dalam menguji hafalan para siswa.

Ust. Abu Ahmad (kiri) dan ust. Abu Hurri Al Qosimi (kanan)

Ust. Abdul Basith, Kepala Sekolah SDIT Luqman Al Hakim Balikpapan mengungkapkan bahwa ujian kali ini harus special. “sekolah kami selama ini menggunakan metode Al Qosimi dalam memberikan pendampingan hafalan Qur’an bagi siswa. Maka pada momen ujian kali ini, kami mendatangkan sang penyusun metode untuk menjadi penguji ujian sima’ah”, terangnya.

Beliau juga menambahkan bahwa hafalan yang diujikan saat ini hanya juz 29 dan 30 saja. “bagi siswa yang memiliki hafalan diatas 2 juz, maka pada ujian sima’ah, mereka tetap mengikuti ujian sima’ah dengan standar 2 juz yang diujikan. Mengingat kelas 6 tahun ini masih mengikut kurikulum lama, maka kelas 6 yang akan datang, ujian sima’ah mencapai 3 juz”, tambahnya.

Ujian sima’ah menjadi kian menarik saat salah satu anak didik ABK ikut mengikuti ujian. Ananda Zaki, dengan penuh semangat menjawab semua pertanyaan penguji dengan penuh usaha yang gigih. Semua pertanyaan yang dilontarkan penguji dapat dijawab dengan baik, meski masih belum sempurna. Fenomena ini tentu menguras emosi. Tidak sedikit para hadirin meneteskan air mata melihat ananda mampu menjawab pertanyaan yang diberikan. Terlebih para guru yang selama enam tahun membersamai ananda dalam nenuntut ilmu, yang mana mereka semua tak dapat membendung air mata karena saking bahagianya melihat anak didiknya tampil didepan umum dengan hasil yang maksimal.

Ananda Zaki, menjawab semua pertanyaan penguji dengan lancar

Tangisan semakin riuh ketika pemberian mahkota kepada orang tua. Semua orang tua diminta maju kedepan, kemudian para siswa datang membawakan dan memasangkan mahkota ke kepala para orang tua mereka. “lagi-lagi al qur’an menunjukkan sebuah fenomena dimana ia mampu memberikan kebahagian yang luar biasa kepada para pembaca dan penghafalnya", ungkap Kepala Sekolah.

Ujian sima’ah yang mengambil tema “Ku Ajak Ayah Bunda Masuk Surga” ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan.  Semuanya terlihat sangat bahagia.

“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya

pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya

dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?

’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).

*Hai

Para siswa putra yang akan mengikuti ujian sima'ah

Para siswa putra yang akan mengikuti ujian sima'ah

Pemberian Mahkota kepada para orang tua

Foto bersama orang tua

Foto bersama dengan ustadzah-ustadzah LPI Luqman Al Hakim

Foto bersama dengan ust-ust. LPI Luqman Al Hakim

 

Berita Terbaru