Ujian Tengah Semester, Kelas 8 Bikin Roket

Siswa kelas 8 SMP Integral Luqman Al Hakim Balikpapan mendapat tugas membuat roket. Tugas ini diberikan oleh guru mata pelajaran IPA. Ust. Dayat, pengampu mata pelajaran IPA menjelaskan bahwa siswanya begitu semangat dalam mengerjakan proyek ini.

“anak-anak menyiapkan bahan dengan maksimal. Botol air minum ukuran sedang didesain seperti roket. Masing-masing siswa membuat satu roket. Sedangkan untuk landasan peluncur, kami kerjakan bersama-sama siswa”, ungkapnya.

Zaki Abdurrahman beserta teman-temannya menjelaskan secara teori tentang roket yang bisa meluncur. “ pada prinsipnya, roket buatan ini diluncurkan dengan menggunakan tekanan udara. Udara dipompa masuk melalui bagian belakang roket. Pada percobaan pertama, roket yang terus dipompa membuat tabungnya penuh dengan tekanan udara yang menyebabkan udara menekan keluar sehingga roketpun meluncur”, imbuhnya

“pada percobaan ini, roket hanya mencapai sekitar 5-7 meter. Hal ini dikarenakan udara keluar semuanya (boros). Kami kemudian mengisi air sebagai media penahan agar udara keluar sedikit demi sedikit. Meski pada prinsipnya beban roket bertambah, namun jangkauannya semakin jauh yakni 15-20 meter”, tambahnya.

Siswa kelas delapan terlihat begitu senang dengan proyek yang mereka dapatkan. Pelajaran yang aplikatif membuat imajinasinya semakin berkembang. Hal ini terlihat pada bagian roket terdapat Logo Nasa dan Bendera Indonesia ditambah nama mereka menghiasi badan roket. (hai).

Berita Terbaru